Beranda | Artikel
Pengaruh Lingkungan terhadap Perkembangan Anak - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)
Jumat, 26 Mei 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Djazuli Ruhan Basyir

Kajian Islam oleh: Ustadz Jazuli, Lc.

(Download juga kajian sebelumnya: Wajibnya Berlaku Adil terhadap Anak)

Ringkasan Kajian Bimbingan Islam: Pengaruh Lingkungan terhadap Perkembangan Anak

Lingkungan yang baik sangat berpengaruh bagi perkembangan anak-anak. Ketika anak tumbuh di lingkungan yang baik, maka anak yang tumbuh di dalamnya akan menjadi anak yang baik pula. Dan sebaliknya apabila lingkungannya rusak maka harapan kita memiliki anak yang baik menjadi kecil. Maka dari itu jangan menyepelekan masalah ini.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

المرء على دين خليله

“Seseorang itu tergantung kepada agama orang dekatnya”

Kita sebagai orang tua harus ikut mengawasi, mengoreksi, dan memberikan arahan kepada anak-anak kita agar tidak salah pergaulan.

Karena begitu banyak sekali anak-anak yang awalnya tidak tahu apa-apa tentang hal negatif, akhirnya menjadi tahu hal-hal negatif tersebut karena pengaruh dari kawan-kawan di sekitar lingkungan. Padahal mereka tidak pernah diajarkan hal-hal tersebut di rumahnya.

Namun, karena pengaruh dari teman-temannya lah akhirnya anak-anak kita jadi tahu. Maka dari sini kita harus senantiasa memperhatikan dengan baik pergaulan anak-anak kita dan kita sebisa mungkin memilihkan lingkungan yang baik bagi anak-anak kita.

Simak penjelasan selengkapnya mengenai “Pengaruh Lingkungan terhadap Perkembangan Anak” ini di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Jazuli, Lc. berikut ini.

Download Rekaman Kajian Bimbingan Islam: Pengaruh Lingkungan terhadap Perkembangan Anak


Jangan lupa untuk berbagi link ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, semoga menjadi pahala bagi Anda. Jazakumullahu khairan


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/27347-pengaruh-lingkungan-terhadap-perkembangan-anak-bimbingan-islam-ustadz-jazuli-lc/